Mari Menginspirasi! Oh Ternyata! Perjalanan Hati

Sunday 29 June 2014

Jangan Lari dari Amanah! Bagian 2

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain." (HR. Thabrani dan Daruqutni)

"Jangan lari dari amanah!" Kalimat itu masih kuingat jelas dan sampai saat ini masih menjadi salah satu prinsip hidupku. Rezeki pertama yang aku dapetin ternyata baru bagian kecil dari nikmat-nikmat selanjutnya.

Singkat cerita waktu di SMA dulu kami siswa-siswi dijanjikan akan mendapatkan uang senilai Rp 100.000,00 buat setiap nilai 10 di UN kami. Jelas jadi motivasi besar buat kami, termasuk aku yang mungkin cukup pas-pasan dalam urusan nilai try out selama ini. Aman setelah dapet kepastian tempat cadangan kuliah, nunggu hasil UN pun jadi terasa ringan buatku. Ngejar posisi pertama lulusan SMA masih jadi mimpi walaupun jelas berat banget, temenku sendiri si Ihsan aja udah pasti jadi saingan besar buat aku.


***

"Allah tidak tidur kawan!" ucapan ini selalu meyakinkan aku akan surat muhammad ayat tujuh, jika kita menolong agama Allah niscaya Allah akan menolong kita dan meneguhkan keduduka kita. Jadi, selama aku masih jalanin semua perintahNya dan jauhin laranganNya ditambah kesibukanku sama amanah yang ngga aku tinggal karena aku yakin sama surat muhammad itu, insyaAllah pasti Allah akan ngasih yang terbaik juga buatku.

Malam pengumuman hasil UN aku dan Ihsan sama-sama ngga tidur dan mantengin komputer sambil ngechat via facebook. Kami harus masukin nomer peserta ujian kami di web sekolah buat ngecek hasil ujian kami. Alhamdulillah, kami lulus. Ihsan punya target matematikanya dapet 10, aku punya target fisikaku yang dapet 10, tapi kita sama-sama ngga dapet 10. Ihsan pun mulai dengan keisengannya masukin  nomer peserta ujian lain, lumayan gampang karena passwordnya hanya tanggal lahir yang bisa kita liat dari facebooknya masing-masing. Setelah hampir setengah jam stalking-stalking Ihsan pun bilang, "kita ngga masuk 10 besar UN ran." Oke baiklah berarti belom rezekinya. Di sekolahku dulu ada tradisi setiap wisuda nanti 10 lulusan terbaik nanti dapet penghargaan dari sekolah. Awalnya aku udah tau kalo ternyata lulusan terbaik itu diambil dari nilai UN dan UAS, makanya sebelum pengumuman hasil UN ini aku cukup ngotot maksimalin nilai untuk UASku, baru kali itu aku mau ujian bener-bener getol belajar.

lanjutkan membaca »


Man Jadda Wa Jadda

"Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia." Mana mungkin nilai jatuh dari langit kalo kita cuma berleha-leha. UAS pun aku lalui dengan cukup baik, walaupun aku sendiri ngga terlalu yakin sama hasilnya nanti. Singkat cerita, waktu untuk pendaftaran ulang kuliah sama wisudaku cukup mepet ceritanya. Antara aku harus ke Malang untuk daftar ulang sama wisudaku di Jakarta cuma selisih 6 hari. "Itu mah ngga mepet kalik!" Mungkin kalian akan berkata seperti itu, tapi percayalah (lebay) aku ngurus daftar ulang dua hari (tanggal 19-20), trus tiga hari aku diajak jalan-jalan ke Bali sama keluarga tanteku yang di Malang (21-23), tanggal 24 aku pulang ke Jakarta naik kereta via Surabaya, tanggal 25 pagi aku sampe Jakarta langsung cuss menuju tempat wisuda. Jet lag? banget hahaha. Well, dateng wisuda bener-bener tanpa persiapan. Baju seadanya, dan kayanya ya cuma aku wisudawan yang dateng wisuda pake celana jeans hitam rada buluk pula? duh duh *tepok jidat*.



***

Yaudah lah ya namanya juga ngga ada persiapan dan ngga ngarep apa-apa. Alhasil di ruang wisuda cuma terkapar setengah sadar setengah ngga. Dan pas lagi asik-asiknya duduk setengah tidur (bisa bayangin ngga?) pas pembacaan daftar wisudawan terbaik, tiba-tiba namaku muncul dipanggil di posisi ke-3. Maasya Allah, itu setengah percaya setengah ngga, akhirnya aku di dorong-dorong, "Ran, maju sana Ran!"


Maasya Allah, mungkin teman-temanku pun ragu namaku ada disitu. "Kapan ini anak belajarnya coba? Udah kelas 3 tapi tiap hari masih suka main di masjid sama anak-anak ROHIS sampe magrib." Percaya? semoga dapat menginspirasi. Jangan takut ngga lulus UN karena kalian sibuk organisasi, toh kalian tetap belajar kan untuk mempersiapkan? Jangan takut ngga lulus UN karena kalian sibuk organisasi, jika itu ibadah apa Allah akan tega meninggalkan kalian? Tidak kan?



"Cintailah Allah dan perjuangkan agamaNya, jadilah bermafaat dan jadikanlah itu ibadah, Allah tidak akan meninggalkanmu kawan, bahkan Allah akan meneguhkan kedudukanmu"

0 comments: