Mari Menginspirasi! Oh Ternyata! Perjalanan Hati

Saturday 28 June 2014

Jangan Lari dari Amanah!

"Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."
(QS. Muhammad : 7) 


Di malam pertama ramadhan ini entah mengapa aku keinget sama rangkaian kejadian luar biasa yang kualami empat tahun silam. Ini bukan kisah tentang ramadhan ataupun puasa, tapi semoga cerita ini bisa ngasih manfaat buat kita semua. Kisah ini tentang keajaiban "segenggam amanah".


Jadi siswa SMA kelas XI saat itu mungkin adalah masa-masa terbaik waktu aku masih memegang amanah baik di ROHIS maupun di OSIS. Sampe akhirnya dimulailah tahun ajaran baru dan tonggak perjuangan harus direlakan kepada mereka adik-adik kelas. Berat karena masih pengen beramanah, tapi apa daya roda perjuangan harus terus berputar kan?

***

"Sesibuk apapun antum di kelas tiga nanti, jangan pernah lari dari amanah!", itulah kalimat yang nancep banget di dalam otakku. Waktu itu Ka Ario lagi ngasih materi persiapan menuju bangku kuliah buat kami siswa-siswi yang baru aja naik ke kelas XII. Sederhana tapi dalam banget maknanya. Emang udah jadi hukum alam ya kayanya pas kita ada di level terakhir dari suatu jenjang pendidikan, kita bakalan berusaha lebih fokus persiapin diri menuju ujian akhir, dalam kasus ini buat anak SMA yaitu UN. Tapi ngga semua orang sepertinya.

Tidak seperti kebanyakan teman-temanku, aku mungkin salah satu dari mereka yang sama sekali ngga ikut bimbel ataupun les privat buat persiapan menuju UN. Pintar? Ngga. Malas? Mungkin iya. Bagiku buat pulang pergi dari rumah ke sekolah aja aku udah ngabisin banyak waktu. Tiap hari harus berangkat abis sholat subuh, pulang Maghrib aja kayanya udah paling cepet. Kalau harus ditambah bimbel atau les privat, ah mungkin aku lebih baik minta pindah sekolah aja.

lanjutkan membaca »



Entah bagiku berorganisasi kerasa lebih asik dan menarik dibanding harus membaca buku materi ini dan itu. Eits, tapi bukan berarti aku ngga pernah belajar. Aku hanya ngga ingin motong waktu istirahatku karena harus diforsir buat belajar.

***

Kembali ke masalah amanah ya, pesan Ka Ario itulah yang akhirnya ngasih motivasi besar buat aku ngga lepas dari hidup berorganisasi, "Jangan lari dari amanah!" Kenapa harus takut pulang sore karena harus bantuin adik-adik pengurus ROHIS di sekolah? aku pulang cepat pun ngga jadi jaminan aku bakalan belajar di rumah. 

"Akh, antum ko ngga ikut les-les bimbel gitu sih? Ngga kaya temen-temen antum yang lain gitu?" tanya Sauqi yang waktu itu diamanahin jadi KAROH dan temennya si Baim. "Ane males akh, ngga kuat ane kalo mesti ikut les-lesan gitu. Mending ane belajar disini sama si Ihsan (teman sebangku ku)." jawabku. Dibandingkan teman-temanku mungkin aku salah satu yang paling deket sama angkatan di bawahku. Hampir semua kegiatan mereka aku ikutin, mungkin karena aku juga nyambung sama mereka. Intinya, sebagai yang diamanahi mengawasi dan membimbing mereka (waktu itu di forum alumni pengurus ROHIS ditunjuk jadi staf yang monitor pengurus ROHIS dan OSIS kelas XI) aku berusaha selalu ada buat bantu ngasih masukan dan ikut kegiatan-kegiatan mereka.

Di saat teman-temanku udah tahu pengen kemana atau jadi apa, aku mungkin udah ketinggalan jauh. Kuliah di PTN waktu itu ngga kebayang olehku, aku hanya berfikir buat mencoba ke STAN. Gila emang anak IPA yang pas-pasan kaya aku mimpi masuk STAN. Tapi emang ngga ada bayangan buat masuk PTN waktu itu. Sampai akhirnya rezeki pertama datang padaku, kesempatan ikut PMDK.

***

Saat itu aku hanya iseng main ke ruang BK nemenin si Ihsan, eh tiba-tiba Bu Rina nawarin ke aku, "Ran, mau ikut PMDK Unibraw (waktu itu nama UB masih ngetopnya pake nama Unibraw) ngga? Kalo mau ayo ibu bantuin ngurusnya." *Unibraw? Binatang jenis apa coba itu?* dalam hatiku. Jangankan nama UB, nama UNPAD atau IPB aja asing buatku. Akhirnya aku direkomendasiin buat nanya dulu sama Ka Zaki yang sebelumnya juga hampir mau ngambil kesana. Ternyata emang lumayan bagus kampusnya katanya, udah gitu seleksinya merhatiin riwayat organisasi (entah bener atau ngga). Dan ternyata kampusnya ini di Malang, kebetulan tanteku juga tinggal disana. Akhirnya dengan niat 'coba-coba' aku ngirim berkas buat ikut jalur PSB ngambil jurusan kimia.

Anggap saja sudah sekitar dua bulan setelah aku ngirim berkas ke UB, harusnya saat itu sudah pengumuman tapi aku ngecek di webnya ternyata belum ada, aku tanya ke BK pun memang belum ada kabar. Dua tiga hari menunggu akhirnya aku pasrah, mungkin memang diundur lama. Tadinya deg-degan sekarang malah jadi embuh sembarang wes. Selang beberapa hari dari penantian itu, ceritanya aku lagi di kelas lagi istirahat abis pelajaran olahraga, masuklah salah satu teman sekelasku si Fakhri yang imejnya terkenal kocak tiba-tiba bilang, "Ran, nama lo ada di papan mading BK ran, Unibraw Ran!" Setengah percaya setengah ngga aku malah membalas, "Ah boong lu per (panggilannya si Fakhri ceper)." "Dih dibilagin kaga percaya, ude sono liat ke madingnya Ran! Selamat ya Ran!" Denger kalimat kaya gitu akhirnya aku malah jadi deg-degan, tapi apa daya makanan baru lima suap ngga enak kalo ditinggal.

Akhirnya setelah bekel biasanya abis dimakan aku jalan ke mading BK, untung waktu itu kelasnya satu lantai sama madingnya jadi ngga cape-cape naik turun tangga. Maasya Allah, ternyata memang namaku ada di salah satu pengumuman itu. Refleks, aku langsung sujud syukur saat itu juga di depan mading itu, padahal ternyata lantainya cukup kotor. Maa syaa Allah, aku yang ngga sedikitpun terpikir kuliah di PTN, bahkan ngga sempet mikirin bakal masuk lewat jalur mana ternyata Allah punya jalan yang ngga terduga, lebih sederhana namun indah.


Maasya Allah, sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud :)



~ bersambung ke bagian 2

0 comments: